Pages

Sponsor

Jumat, 10 Mei 2013

Pengertian Contoh Fungsi Rumus Excel Lengkap Microsoft

Microsoft Excel 2010 excel

Fungsi / Function Pada Microsoft Excel Pengertian, Definisi, Contoh Singkat Lengkap. Fungsi / Function adalah suatu program atau sistem siap pakai yang sudah ada di dalam / pada Microsoft Excel yang digunakan sebagai alat untuk membantu perhitungan saat bekerja di Microsoft Excel. Jadi, tinggal pakai saja. Microsoft Excel menyediakan banyak jenis fungsi / function yang siap digunakan, antara lain :

Fungsi / function yang umum digunakan (most recently used)
Fungsi / function keuangan atau penghitung uang (financial)
Fungsi / function tanggal dan waktu (date and time)
Fungsi / function matematika dan trigonometri (math and trig)
Fungsi / function statistik (statistical)
Fungsi / function pembacaan tabel dan referensi (lookup and reference)
Fungsi / function teks (text)
Fungsi / function basis data (database)
Fungsi / function logika (logical)

Fungsi / function pada microsoft excel sifat-sifatnya. Sifat fungsi, yaitu :
1.   diawali tanda (=)
2.   tidak boleh mengandung tanda (‘) atau (“) untuk data angka kecuali data label
3.   harus dilengkapi dengan argumen

Kita dapat menggunakan Fungsi / function dengan langsung mengetiknya manual, memakai Insert Function untuk memasukkannya secara otomatis, dan bisa juga melalui Shift + F3. Fungsi / function pada Microsoft excel contoh singkat :

=SUM(F4:F12)               Penjumlahan dari sel F4 sampai sel F12
=AVERAGE(F4:F12)      Untuk menghitung rata-rata nilai dari sel F4 sampai sel F12

Fungsi-fungsi dalam Excel memiliki nama-nama yang unik. Jika Anda pernah mendengar kata SUM, itu adalah nama salah satu fungsi yang paling umum diterapkan pada aplikasi Excel yang kegunaannya untuk mengitung data pada range tertentu. Lalu bagaimana sebuah fungsi bisa menyederhanakan perhitungan? dari contoh sebelumnya dimana Anda hendak menghitung nilai rata-rata dari 8 unit produk, maka Anda cukup menggunakan fungsi untuk menghitung nilai rata-rata yaitu AVERAGE, dengan demikian formula yang digunakan adalah:

=AVERAGE(range_produk)

Disini sudah jelas terlihat bagaimana sebuah fungsi dapat menyederhanakan sekaligus menyingkat sebuah formula yang panjang menjadi lebih sederhana. Dalam penerapannya, fungsi juga umumnya mengacu pada alamat sel. Misalkan saja data untuk 8 unit produk tersebut terdapat pada sel B5 hingga B12 maka formulanya akan menjadi:

=AVERAGE(B5:B12)

Dari penjelasan singkat diatas, dapat dilihat bahwa struktur formula pada aplikasi Excel tersusun dari banyak komponen, seperti misalnya data berupa nilai yang akan dihitung, alamat sel atau range, operator dasar matematika, operator pembanding, fungsi, serta simbol-simbol atau tanda pelengkap lainnya yang membantu proses perhitungan dalam formula tersebut. Contoh sebuah formula dengan struktur yang cukup lengkap dapat dilihat berikut ini.

=VLOOKUP(C4;$A$12:$C$16;IF(B4<=3;2;3);TRUE)+G3

Konsep dasar tentang komponen-komponen penyusun formula tersebut dibahas pada artikel lain dalam rangkaian artikel ini.


            Rumus / Formula pada Microsoft Excel Pengertian, Definisi, Contoh Singkat Lengkap. Rumus / Formula adalah suatu bentuk perhitungan yang kita buat sendiri dengan tujuan tertentu. Rumus / Formula lebih simple. Di dalam Rumus / Formula kita dapat memasukkan data label, numerik, maupun fungsi. Rumus / Formula. Sifat-sifat Rumus / Formula, yaitu :

1.   Diawali oleh tanda (+), (-), atau tanda (=)
2.   Dapat berisi data label, numerik, maupun fungsi

Contoh data yang dimasukkan dalam Rumus / Formula pada excel adalah data operator hitung (aritmatik) diantaranya :

+ à penjumlah              / à pembagi
- à pengurang              ^ à pangkat
* à kali

Contoh rumus atau formula :

=B2+C2            penjumahan isi sel B2 dengan C2

            Sekian posting soal excel Fungsi / Function dan Rumus / Formula Pengertian, Definisi, Contoh Singkat Lengkap mudah  !! Terima kasih sudah baca, baca artikel lain excel atau yang lain jga boleh. Bantuan dibutuhkan dengan memberi komentar

: pengertian definisi singkat penjelasan sederhana mudah singkat ringkasan tentang pengertian definisi fungsi function lengkap dan rumus formula lengkap ringkasan materi TIK pada microsoft ms. ms MS EXCEL Excel  2003 Excel excel 2007 excel 2010 lengkap contoh contoh lengkap mudah singkat rangkuman ringkasan materi TIK bab fungsi function rumus formula lengkap pada mincrosoft ms. ms excel adalah function adalah rumus formula adalah excel definisi lengkap mudah singkat simpel

1 komentar:

Unknown mengatakan...

berarti apabila ada hitungan bonus misalnya. .
Kita harus hafal rumus bonus dulu ya

Posting Komentar

 
;