Pages

Sponsor

Jumat, 17 Mei 2013

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Saat Duduk Pada Punggung


Cara Mudah Atasi Nyeri Punggung
Tips Cara mudah mengatasi nyeri punggung saat duduk. Duduk terus, duduk terus, dan duduk terus. Memang itulah yang saya alami setiap hari. Entah kenapa manusia memang ditakdirkan untuk hidup seperti ini. Duduk dalam waktu yang lama juga menimbulkan efek samping, yakni munculnya keluhan nyeri di punggung.
                "Salah satu efek negatif dari kebanyakan duduk adalah punggung yang menekuk ke depan sehingga ototnya mulai bekerja dengan tidak efisien dan rentan cedera," kara Prof Donald R Murphy, ahli tulang dari Alpert Medical School of Brown University seperti dikutip dari Foxnews, Jumat
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya seperti disampaikan Prof Murphy adalah sebagai berikut.
1. Pilih tempat duduk yang nyaman
                Tempat duduk yang nyaman atau ergonomis harus bisa menopang rangka tubuh dalam posisi paling natural sehingga tidak ada beban berlebih di salah satu titik. Secara detail, konsep ergonomis bisa sangat bervariasi namun pada intinya harus memenuhi syarat sebagai berikut.

-      Pastikan tulang punggung dapat melengkung secara natural dan proporsional ke arah depan, tidak terlalu menyandar ke belakang
-      Sesuaikan sandaran tangan agar posisi lengan membentuk sudut paling ideal yakni 90 derajat
Kaki sebaiknya menapak ke lantai, punggung sedikit menekan ke sandaran kursi dan bahu harus selalu rileks
-      Tempat duduk harus sesuai dengan postur tulang punggung

2. Lakukan peregangan tiap 30 menit
                Jika sering duduk dalam jangka waktu sangat lama, lakukan peregangan tiap 30-60 menit untuk mengurangi resiko sakit punggung. Gerakan peregangan bisa meniru gerakan-gerakan senam, atau jika malu cukup berdiri lalu berjalan-jalan keliling – keliling maka otot punggung sudah sedikit meregang.
                Jika memungkinkan, sesekali turun ke lantai lalu ambil posisi yoga yang disebut "the cobra". Posisi ini dimulai dengan tengkurap, lalu tangan menekan ke lantai sehingga bahu dan kepala terangkat, namun perut dan pinggang tetap menempel di lantai.
3. Kendurkan otot secara berakala
                Para ahli kesehatan menyarankan agar di sela-sela mengetik, sekali waktu tangan harus diistirahatkan dengan memindahkannya dari keyboard ke pangkuan selama beberapa detik saja. Kalau itupun tidak sempat karena terlalu sibuk, sesekali angkat bahu lalu turunkan lagi dan ulangi beberapa kali.
4. Perkuat core atau inti tubuh
                Aerobik adalah cara paling efektif untuk melawan risiko nyeri punggung akibat terlalu banyak duduk, sebab latihan ini banyak melibatkan otot core atau bagian inti tubuh. Core atau boleh disebut postur tubuh harus kuat agar punggung tidak mudah sakit, karena sangat membantu tulang punggung menopang berat badan.

5. Minum air dan rileks
                Minum air mampu menetralisir panas tubuh dan menjadikan otot-otot yang tegang menjadi lebih renggang. Selain itu, air juga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Cara lain adalah membuat sugesti atau pikiran ada diri kita sendiri yang santai dan rileks.

Tambahan tips dan cara cara mudah untuk mengatasi nyeri punggung saat duduk lainnya :
                Akibat dari ketidakseimbangan otot, akan menimbulkan disfungsi postural dari panggul dan tulang belakang, sehingga menjadikan keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi ini bisa merusak kesehatan orang yang sebelumnya tidak memiliki masalah pada punggung, dan bencana bagi mereka yang menderita segala jenis sakit punggung.
                Ketika Anda sedang duduk, Cobalah berbagai posisi duduk dan menggantinya setiap saat. Misalnya duduk dengan kaki yang diluruskan atau ditekuk sehingga telapak kaki menyetuh roda kursi. Sesekali berjalan meninggalkan meja kerja dan berdiri saat mengangkat telpon atau membersihkan meja, juga merupakan cara lain untuk mengurangi nyeri punggung. Apabila Anda stres cobalah berjalan di taman, atau membicarakan masalah yang membuat frustrasi dengan teman, dipercaya bisa membantu.
                Sekian posting Tips Trik Cara Mudah Menghilangkan Nyeri atau Lelah di Punggung Karena Duduk Lama. Satu pesan saya,  tetap sopan untuk melakukan segala aktivitas. Terima kasih ! Stay hidup sehat.

fx x < tips trik cara mudah murah alami ampuh menghilangkan nyeri punggung, cara mudah alami ampuh murah menghilangkan nyeri punggung , tips trik cara mudah murah alami ampuh menghilangkan nyeri punggung karena duduk duduk lama , tips mudah , cara mudah anti nyeri punggung , hilangkan nyeri punggung , mengatasi sakit punggung karena duduk , mengatasi  sakit nyeri punggung  karena duduk kebanyakan , menghilangkan sakit nyeri punggung kebanyakan duduk lama , tips cara anti nyeri punggung kebanyakan duduk /> fx x

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Wow thanks gan,,,
Buat inget2 aja kalo nyeri gan,,,

http://foxsshare.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

datang untuk kunjungan di blog sobat, saat ini saya akan sedekah di blog sobat, izin klik semua iklannya gan, membalas kebaikan agan. terima kasih. sukses selalu dan mari kita jaga silaturahmi

Unknown mengatakan...

Salam wow! Sama sama. Terima kasih atas kunjungannya.

Unknown mengatakan...

@Ilham Pratama Salam wow! Terima kasih atas kunjungannya. Be a success blogger !

Posting Komentar

 
;